Om Semut

Catatan Harian Insan Sutejo

uGet Alternatif dari IDM

Kategori Open Source | oleh Insan Sutejo | ditulis pada 22 January 2020 | dibaca 424 kali

uGet Alternatif dari IDM

uGet adalah aplikasi downloader manager, dengan aplikasi ini kita dapat mengelola file yang sedang didownload seperti menentukan letak penyimpanan, menunda proses download atau bahkan membatasi kecepatan download. uGet merupakan aplikasi yang berbasis Opensource sehingga kita bisa menggunakannya secara gratis. 

uGet dapat diinstall di Linux, Windows dan MacOS, uGet dapat dijadikan aplikasi alternatif Internet Download Manager - IDM (berbayar), sehingga kita tidak usah mencari crack atau membajak IDM, walaupun uGet ini gratis tapi dari segi fitur jangan diragukan. Berikut ini beberapa fitur dari uGet:

  • Auto Catch URL From Clipboard, uGet akan mendownload file dari URL yang sudah kita copy link sebelumnya secara otomatis.
  • Download queue, fitur ini berfungi untuk mendownload file dalam jumlah banyak, namun kita dapat mendownloadnya satu persatu agar tidak mengganggu proses download yang lain.
  • Speed Limit, fitur ini berfungsi untuk membatasi kecepatan download, cocok bagi anda yang memiliki koneksi yang digunakan banyak orang.
  • Multi Connection, salah satu fitur unggulan dari uGet selayaknya yang dipunyai IDM, fitur ini dapat membuat banyak koneksi sekaligus dalam satu file unduhan anda.
  • Resume downloads, memudahkan kita untuk menunda sebentar proses download dan dapat dilanjutkan lagi ketika ingin.

1. Install uGet

Seperti yang dijelaskan pada web uget-integrator (https://github.com/ugetdm/uget-integrator/wiki/Installation), ada beberapa opsi dan langkah dalam menginstall uGet.

Pengguna Linux

Bagi anda pengguna Linux, uGet dapat kita install di repository distro masing-masing, contoh disini saya menggunakan distro Linux Mint yang berbasis Ubuntu.

  • Buka Terminal
  • Lalu ketik $ sudo apt-get install uget

Pengguna Windows

Silahkan download pada link ini (https://github.com/ugetdm/uget-windows-installer/releases), lalu install seperti biasa.

2. Install uget-integrator

uget-integrator adalah aplikasi tambahan supaya uGet dapat langsung muncul setelah kita mengklik link file yang akan kita download, menginstall aplikasi ini bersifat opsional.

Pengguna Linux

Linux Mint dan Ubuntu

Tambah repo  uget-team

$ sudo add-apt-repository ppa:uget-team/ppa

$ sudo apt update

$ sudo apt install uget-integrator

Linux lainnya

Download filenya lalu install

$ wget https://raw.githubusercontent.com/ugetdm/uget-integrator/master/install/linux/install_uget_integrator.sh

$ chmod +x install_uget_integrator.sh

$ ./install_uget_integrator.sh

Pengguna Windows

Download dan install uget-integrator_x.x.x.x.exe (https://github.com/ugetdm/uget-integrator/releases)

3. Install browser add-on

Install ektensi uget-integrator pada web browser

Setelah kita berhasil menyelesaikan langkah-langkah instalasi uGet dan uget-integrator dengan benar, silahkan coba untuk mendownload file.

#linux#install#terminal#tips


profile
Insan Sutejo

Halooo, senang sekali dapat menulis di blog ini, saya masih belajar dan terus belajar, karena dengan belajar kita mendapatkan ilmu dan pengalaman

Selengkapnya >>