Om Semut

Catatan Harian Insan Sutejo

Menginstall Xubuntu 20.04

Kategori Open Source | oleh Insan Sutejo | ditulis pada 17 October 2020 | dibaca 160 kali

Menginstall Xubuntu 20.04

Setelah hampir setahun menggunakan Linux Mint 19.2, saya harus menginstall ulang laptop saya karena hard disk sudah hampir penuh, saya sempat berpikir untuk menambah partisi pada root, namun saya masih belum berani karena takut semua data di dalamnya ikut terhapus.

Akhirnya saya pun memilih untuk menginstall ulang Linux Mint tersebut dan menggantinya dengan Xubuntu 20.04, selain ringan, distro yang satu ini juga tidak terlalu banyak memakai partisi hard disk. partisi root dengan total 20 gb, masih tersisa 10 gb setelah saya install ulang aplikasi tambahan seperti: Xampp, Visual Studio Code, Inkscape, Uget, Zoom Meeting, Kdenlive, Synapse, VLC dan Kazam.

Distro berlogo tikus ini sudah tertanam kernel 5.4.0-56-generic, LibreOffice versi 6.4.6.2, Firefox 83, GIMP 2.10.18 dan Thunar 1.8.14. Walaupun fiturnya  tidak selengkap Linux Mint, namun untuk pengguna seperti saya yang hanya menggunakan laptop untuk mengetik (blog dan coding) dan menonton, sudah cukup mumpuni. RAM laptop saya hanya 4 gb, menjalankan aplikasi Firefox dan LibreOffice Writer,  pemakaian RAM hanya 1.5 GB.

Sepertinya Xubuntu ini akan lama bertahan dilaptop saya, karena saya sudah mulai cocok dengan Xubuntu 20.04.

#linux#xubuntu


profile
Insan Sutejo

Halooo, senang sekali dapat menulis di blog ini, saya masih belajar dan terus belajar, karena dengan belajar kita mendapatkan ilmu dan pengalaman

Selengkapnya >>